Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2012

Fiqh Munakahat

Gambar
Oleh Ust. Mutamminul Ula Dauroh Pembekalan 1  November 2009
Oke, let’s Start..!
Pola hubungan suami istri Membangun kehangatan + kemesraan sepanjang masa, Biologis dan psikologis. 1.Untuk amal shaleh saling bekerja sama memaksimalkan amal, 2.Suami tak boleh melarang istri untuk berbuat kebaikan, 3.Suami adalah penentu kebijakan keluarga, 4.Sekufu’, balance, saling menyeimbangkan, 5.Ada konsolidasi/ jama’ah suami istri, transparan, akuntabel dan trust.
Pola ekonomi keluarga 1.Keluarga harus tetap berpendapatan, pekerjaan sampingan perlu ada, wiraswasta, istri harus terbiasa mandiri, 2.Jaga kesehatan istri, 3.Ekonomi mandiri: keluarga sanggup berzakat, 4.Yang diwariskan ke anak: ilmu, kesehatan, harta, 5.Tabungan harus ada, penting, hindari hutang yang menjerat, 6.Pranikah: kuatkan psikologis.
Pola pendidikan anak 1.Keluarga jangan merokok, jangan jadikan keluarga perokok, 2.Doakan + sebut nama istri, anak dalam shalat 3.Ajarkanlah anak dengan contoh + teladan 4.Beri teladan yang baik terlebih dahulu 5.Sejak…

DENGAN MENIKAH kita menjadi dewasa

Gambar
*TULISAN INI DIDEKASIKAN UNTUK IKHWAN YANG BELUM, AKAN, ATAU SUDAH BERNIAT MENIKAH*

Dalam sebuah majelis ada seorang pemuda bertanya, “Ustadz, saya ingin sekali menikah. Tapi saya takut dan ragu karena merasa diri saya belum dewasa. Bagaimana menurut pendapat Ustadz?”

Sang Ustadz tersenyum lalu menjawab, “Dik, justru dengan menikah orang akan menjadi dewasa. Saat masih bujangan, seorang pemuda jarang atau bahkan tidak pernah memikirkan orang lain kecuali dirinya sendiri. Oleh karenanya dia mau pulang larut malam, mau bangun tidur jam berapa, ataukah mau makan malam dengan apa, semuanya disesuaikan dengan keinginan hatinya saja.

KETIKA MULUT tak lagi berkata

Semoga bermanfaat. Kisah menarik antara Taufiq Ismail dan Alm. Chrisye. Semoga dapat menggugah hati.. --------------------------- Krismansyah Rahadi "Chrisye" (1949-2007): KETIKA MULUT TAK LAGI BERKATA  Oleh: Taufiq Ismail
Tahun 1997 saya bertemu Chrisye sehabis sebuah acara, dan dia berkata, " Bang, saya punya sebuah lagu, Saya sudah coba menuliskan kata-katanya, tapi saya tidak puas. Bisakah Abang tolong tuliskan liriknya?" Karena saya suka lagu-lagu Chrisye, saya katakan bisa.
Saya tanyakan kapan mesti selesai, dia bilang sebulan. Menilik kegiatan saya yang lain, deadline sebulan itu bolehlah. Kaset lagu itu dikirimkannya, berikut keterangan berapa baris lirik diperlukan, dan untuk setiap larik berapa jumlah ketukannya, yang akan diisi dengan suku kata. Chrisye menginginkan puisi relijius. Kemudian saya dengarkan lagu itu. Indah sekali. Saya suka betul. Sesudah seminggu, tidak ada ide. Dua minggu begitu juga. Minggu ketiga inspirasi masih tertutup. Saya mulai gelisah.
D…

Biar Cinta itu Bermuara Dengan Sendirinya....

Kenapa tak pernah kau tambatkan
perahumu di satu dermaga?
Padahal kulihat, bukan hanya satu
pelabuhan tenang yang mau menerima
kehadiran kapalmu!

Kalau dulu memang pernah ada
satu pelabuhan kecil, yang kemudian
harus kau lupakan,
mengapa tak kau cari pelabuhan lain,
yang akan memberikan rasa damai yang lebih?

Seandainya kau mau,
buka tirai di sanubarimu, dan kau akan tahu,
pelabuhan mana yang ingin kau singgahi untuk selamanya,
hingga pelabuhan itu jadi rumahmu,
rumah dan pelabuhan hatimu.


( Judul Puisi " Pelabuhan " karya Tyas Tatanka, kumpulan puisi 7 penyair serang)

Matanya berkaca-kaca ketika perempuan itu selesai membaca dan merenungi isi puisi itu. Dulu sekali perempuan itu telah pernah berharap pada seorang laki-laki yang dia yakin baik dan hanif, ada kilasan-kilasan di hatinya yang mengatakan bahwa mungkin dialah sosok yang selama ini dicari.. dialah sosok yang tepat untuk mengisi hari harinya kelak dalam bingkai pernikahan.

Berawal dari sebuah pertemanan. Berdiskus…

Geser Perspektif Cinta #2 (3 Bagian)

(Lanjutan)
“Kau anak muda yang bijak,” kata Jones; kursinya bergoyang pelan. “Jelas kalian ini anak-anak cerdas—sekolah dan guru yang baikakan melakukan itu untuk kalian—tapi kebijaksanaan adalah sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Kebijaksanaan bisa terkumpul pada waktu luang. Kebijaksanaan yang bisa mengubah arah hidup kalian datang dari orang-orang dengan siapa kalian bergaul, buku yang kalian baca, dan segala sesuatu yang kalian dengar atau tonton di televisi atau kalian dengar di radio.” “Tentu saja, tentu saja informasi buruk juga terkumpul pada waktu luang kalian. Informasi buruk yang bisa mengubah arah hidup kalian datang dari orang-orang dengan siapa kalian bergaul, buku yang kalian baca, dan segala sesuatu yang kalian dengar atau tonton di radio atau televisi.” Ritchie, Caroline, dan Amelia mendengarkan penuh perhatian. Mereka sudah cukup lama bergaul dengan Jones untuk mengetahui dia jarang menjawab pertanyaan dengan langsung. Selalu ada bungkusan lebih besar yang melingkupi b…

Geser Perspektif Cinta #1 (3 Bagian)

Seperti janji saya tempo hari, saya akan menuliskan sebuah cerita tentang cinta, dan menegaskan bagian "apakah ketertarikan fisik itu penting dalam membangun hubungan cinta?"

Langsung saja mari kita ke bagian awal dari cerita ini, “Kau kenal Jones?” tanya Robert Craft kepadaku saat aku berdiri di anak tangga clubhouse. Robert adalah pemilik Craft Farms, salah satu club golf terbaik di Gulf Coast, dan tempat yang aku datangi hari ini untuk makan siang. “Ya,” Jawabku, melihat sekilas ke bawah gedung ke tempat Jones berdiri dengan kaki di atas kopernya, dikelilingi anak-anak muda. Anak-anak muda laki-laki dan perempuan, sebagian besar kelihatannya berumur akhir belasan atau awal dua puluhan. Mereka sedang tertawa, memperhatikan setiap kata laki-laki tua itu. “Siapa anak-anak itu?” “Penjaga tas, pelayan di restoran, pemelihara lapangan rumput…. Kau sedang menatap semua anak muda yang bekerja di sini yang sedang tidak perlu melakukan hal lain saat ini.” Robert menyeringai dan me…

BERSATULAH, jangan seperti orang yang bercerai-berai

Segala puji hanya miik Allah SWT, Rabb semesta alam. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah untuk Nabi Muhammad SAW.
Paling agungnya nikmat dalam kebersamaan adalah bahwa adanya penyatuan hati dan ikatan hati diantara kita. Dan paling buruknya nikmat dalam suatu hidup kebersamaan adalah perpecahan dan bercerai-berai. Di sana banyak hadits dalam lmu psikologis dan ilmu jiwa apa saja yang menyebabkan timbulnya perpecahan. Dan mereka telah meletakkan berbagai macam pemecahan untuk itu. Dan ketika kita melihat Al-Qur’an, kita menemukan ini dalam suatu ayat. Itulah keadaan Al- Qur’an sebagai suatu mukjizat, ia mendatangkan dari berita yang besar dalam suatu kalimat efektif.
Allah menyebutkan dari umat terdahulu yang telah mendahului kita. Mereka adalah kaum Nasrani, merek a mengikuti Nabi Isa AS, lalu terjadi masalah besar dalam agama mereka. Itulah yang menyebabkan perpecahan dalam diri mereka. Dan ayat menggambarkan kondisi manusia. Hal ini berulang-ulang, dan menyebabkan pengulanga…

Alhamdulillah

Aku bermimpi suatu hari aku pergi ke surga
dan seorang malaikat menemaniku
dan menunjukkan keadaan di surga.
Kami berjalan memasuki suatu ruang kerja
penuh dengan para malaikat.
Malaikat yang mengantarku berhenti di depan
ruang kerja pertama dan berkata, " Ini adalah Seksi
Penerimaan"

"Disini, semua permintaan yang ditujukan pada Allah diterima".
Aku melihat-lihat sekeliling tempat ini dan aku
dapati tempat ini begitu sibuk dengan begitu banyak malaikat yang
memilah-milah seluruh permohonan yang tertulis
pada kertas dari manusia di seluruh dunia.
   Kemudian aku dan malaikat-ku berjalan lagi melalui
koridor yang panjang lalu
sampailah kami pada ruang kerja kedua.
Malaikat-ku berkata, "Ini adalah Seksi Pengepakan
dan Pengiriman"

MALU Yang sebenarnya

Gambar
Dalam perjalanan pulang menggunakan chikatetsu yang padat penumpang, tiba-tiba dari arah belakang terasa bahu saya ada yang mencolek. Semula tak saya gubris karena kemungkinan itu hanya sentuhan yang tidak disengaja antar desakan penumpang yang sama-sama sedang berdiri. Tapi ternyata colekan itu terasa berulang beberapa kali. Dengan rasa penasaran, saya palingkan wajah ke belakang dan tampaklah sosok yang belum saya kenal tersenyum ramah sambil berkata, "Maaf Sis... orang Malaysia atau Indonesia?"

Dengan sedikit berbisik, saya menjawab, "Orang Indonesia, Sis sendiri dari mana?"

"Wah, sama dong, seneng deh bisa ketemu temen sekampung di negeri orang," ujarnya melanjutkan sambil berusaha merapatkan diri di sebelah saya.

Dari sapaan singkat tersebut akhirnya kami saling berkenalan. Seperti seorang sahabat lama yang tak pernah bertemu, pembicaraan semakin lama semakin menghangat. Perjalanan panjang terasa berlalu cepat. Di tengah-tengah pembicaraan, sahabat b…

KEUTAMAAN WANITA

Berbahagialah wahai wanita shalehah. Sebab Rasulullah SAW bersabda, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim, Ahmad, dan An-Nasa’i). Disisi lain berhati-hatilah sebab Beliau SAW juga berpesan tentang fitnah terbesar dari kaum mu, “Tidak ada suatu fitnah (bencana) yang lebih besar bahayanya dan lebih bermaharajalela-selepas wafatku terhadap kaum lelaki selain daripada fitnah yang berpunca daripada kaum wanita.” (H.R. Bukhari, Muslim, Ahmad, at-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

1.Do’a wanita lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah SAW akan hal tersebut, jawab baginda: “Ibu lebih penyayang daripada Bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.” 2.Wanita yang solehah itu lebih baik daripada 1000 lelaki yang saleh. 3.Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seperti orang yang senantiasa menangis karena takut Allah SWT dan orang ya…

ISTRI SOLIHAH

Pernah suatu hari penulis pulang dari luar kota. Dalam perjalanan terbayang nanti di rumah akan disambut oleh istri dan anak-anak yang berwajah ceria serta terhidang makanan siap santap, maka dibela-belakan untuk tidak makan dalam perjalanan pulang walaupun lapar. Tatkala tiba dirumah, angan-angan yang indah diperjalan buyar tatkala melihat realita yang sebaliknya.

Inilah salah satu gambaran peristiwa kehidupan berumah tangga dan masih banyak lagi peristiwa lainnya yang mewarnai nuansa kehidupan berumah tangga setiap anak manusia.

KEMANAKAH WAKTU ITU PERGI

Seandainya kita dikasih pemerintah 24.000 US$ tiap hari dan disuruh menghabiskannya,  apakah yang akan dilakukan?
Uang 24 ribu dollar itu harus digunakan selama 24 jam, tak bisa ditabung atau disumputin.
Kalau tidak, uang itu akan hilang selamanya.

Tentu saja kita akan menikmati hidup, membeli apa saja yang kita mau dan perlu.
Sisanya kita kasih keluarga, tetangga, kawan atau disumbangkan buat amal ibadah.
Kita akan habiskan semuanya dengan bijaksana.
Kita gunakan buat meningkatkan mutu hidup disekitar kita.
Bukankah begitu?

Berpikir Sederhana

Terpetik sebuah kisah, seorang pemburu berangkat ke hutan dengan membawa busur dan tombak. Dalam hatinya dia berkhayal mau membawa hasil buruan yang paling besar, yaitu seekor rusa. Cara berburunya pun tidak pakai anjing pelacak atau jaring penyerat, tetapi menunggu di balik sebatang pohon yang memang sering dilalui oleh binatang-binatang buruan.

Tidak lama ia menunggu, seekor kelelawar besar kesiangan terbang hinggap di atas pohon kecil tepat di depan si pemburu. Dengan ayunan parang atau pukulan gagang tombaknya, kelelawar itu pasti bisa diperolehnya. Tetapi si pemburu berpikir, "untuk apa merepotkan diri dengan seekor kelelawar? Apakah artinya dia dibanding dengan seekor rusa besar yang saya incar?"

Belajar ikhlas

Suatu hari seorang bapak tua hendak menumpang bus.
Pada saat ia menginjakkan kakinya ke tangga, 
salah satu sepatunya terlepas dan jatuh ke jalan.

Lalu pintu tertutup dan bus mulai bergerak dengan
cepat, sehingga ia tidak mungkin ia bisa memungut
sepatu yang terlepas tadi. Lalu si bapak
tua itu dengan tenang melepas sepatunya yang
sebelah dan melemparkannya keluar jendela.

Seorang pemuda yang duduk dalam bus melihat
kejadian itu, dan bertanya kepada si bapak tua, "Aku
memperhatikan apa yangAnda lakukan Pak.  Mengapa Anda melempakan sepatu Anda yang sebelah juga ?"
Si bapak tua menjawab,
"Supaya siapapun yang menemukan sepatuku bisa
memanfaatkannya."

Si bapak tua dalam cerita di atas memahami filosofi
dasar dalam hidup -
jangan mempertahankan sesuatu hanya karena
kamu ingin memilikinya atau
karena kamu tidak ingin orang lain memilikinya.

Akibat berbuat maksiat

Gambar
“seorang mu’min jika berbuat satu dosa, maka ternodalah hatinya dengan senoktah warna hitam. Jika dia bertobat dan beristigfar, hatinya akan kembali putih bersih. Jika ditambah dengan dosa lain, noktah itu pun bertambah hingga menutupi hatinya. Itulah karat yang disebut-sebut Allah dalam ayat “sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.” (H. R. Tirmidzi)
Akhi wa ukhti fillah.. perlu kita renungkan pendapat ibnul Qayyim Al-Jauziyah tentang bahaya berbuat maksiat.
1.Maksiat menghalangi ilmu pengetahuan Ilmu adalah cahaya Allah yang dipancarkan ke dalam hati. Namun, kemaksiatan dalam hati dapat menghalangi dan memadamkan cahaya tersebut. Ketika Imam Malik melihat kecerdasan dan daya hafal Imam Syafi’I yang luar biasa, beliau (Imam Malik) berkata, “Aku melihat Allah telah menyiratkan dan memberikan cahaya di hatimu, wahai anakku. Janganlah engkau padamkan cahaya itu dengan maksiat.”

Mendeteksi Cinta Palsu

Gambar
Nggak tau ya, Apa yg terjadi ama diri gw hari ini. Atau mungkin lebih tepatnya, rencana apa yg Allah siapkan untuk gw hari ini. Dari pagi gw futsalan, beres-beres di mess, ampe magrib dateng semua berjalan biasa aja. Nah, di jam 20.00 malem senen, kebiasaan gw yg udah kayak auto pilot nyetel metro TV, acara kesukaan gw, yg bikin hati adem atau bisa dapet pencerahan tentang apaaa aja. Ya, lo bener, MTGW, sebuah acara dimana ada seorang muda dan seorang bapak bijak dalam satu panggung bahas satu masalah sederhana sebenarnya, tapi selalu tepat sasaran dan pas, langsung ke sini (hati). Malem ini Pak Mario bawain tema “mendeteksi cinta palsu” atau apalah ya gw juga lupa tepatnya apa itu temanya pokoknya tentang itu lah. http://www.youtube.com/watch?v=kfq1HEVw_eA

Gw mw nulis beberapa hal yang gw simpan dalam memori gw (baca: HP), yang itu bikin gw hari ini sadar tentang satu hal, SADAR MANA CINTA YANG ASLI. Gw harap kalian suka untuk membaca dan merenungkan satu dua kalimat selanjutnya, sukur…

HAKIKAT HIDUP #2